Laman

Kamis, 27 September 2012

Sehat walau Sibuk

Sehat walau Sibuk,

bukan mustahil malah mungkin,
kalau kita punya kemauan,

bukan susah malah gampang,
kalau kita ingat hasilnya,

bukan cuman impian malah kenyataan,
karena itu yang Tuhan inginkan dari kita.

setelah menyadari bahwa saya harus hidup sehat jasmani karena ada tujuan Tuhan yang harus saya kerjakan dalam hidup ini, saya tidak bisa lagi mempertahankan kebiasaan hidup saya yang lama, khususnya dalam hal memilih makanan, dan pola tidur saya.

awalnya saya berpikir, karena alasan ingin mengerjakan visi, saya harus rela bayar harga, tidur larut malam yang sering jadi tidur subuh, nah saya pikir semua itu memang layak saya kerjakan utk sebuah visi. sepertinya untuk beberapa waktu Tuhan mengizinkan saya ada dalam pemahaman seperti itu supaya dapat belajar dan melihat sendiri bagaimana konsekuensi pilihan hidup seperti itu. dan hasilnya? saya tidak bisa mengatakan segala sesuatu berjalan dengan baik seperti yang saya inginkan. tidur larut malam, mengorbankan waktu istirahat, mengkonsumsi makanan-makanan apapun yang ada di depan saya tanpa berpikir panjang hanya untuk menemani saya dalam beraktivitas sehari-hari.

akibatnya? berat badan bertambah, tubuh lemas, tumpukan lemak mulai terlihat dimana-mana, sakit kepala, kurang fokus, kemampuan mengingat berkurang, kadang pun bisa jadi lebih sensitif dan jadi marah-marah/sedih tak jelas. memang harus diakui, bekerja di waktu-waktu tersebut ada enaknya juga. bagi saya sih, karena pagi sampai pukul 9 malam saya harus bekerja di toko, maka setelah itu adalah waktu-waktu yang nyaman untuk saya mulai mengerjakan hal-hal yang suka. tapi ternyata saya menyadari waktu saya bersama keluarga harus dikorbankan. karena komputer saya bekerja sudah dipindah di toko, jadi waktu malam saya lebih banyak menghabiskan waktu sendiri.

Jadi, sampai disini, waktu saya renungkan lagi, sebenarnya tidak ada yang salah dengan visi yang harus saya kerjakan. tidak ada yang salah dengan Tuhan apa lagi. tujuan hidup tuh layak diperjuangkan. namun yang jadi masalah adalah ternyata saya sendiri. saya sendiri yang tidak bisa mengontrol diri saya dan salah membuat prioritas, salah menerapkan kebiasaan-kebiasaan saya dan tidak mengatur waktu dengan baik. yang akhirnya, hidup saya jadi tidak seimbang. dulu saya berpikir semua rasa tidak enak yang saya alami adalah harga yang harus saya bayar. tapi seiring waktu ternyata sebagian besar adalah konsekuensi dari pilihan hidup saya di masa lalu. saya yang tidak bijak dan bertanggungjawab dalam hidup saya. dan saya malah mencari alasan untuk memaklumi keadaan saya dengan berkata pada diri saya: inilah harga yang harus saya bayar.

sebulan ini saya banyak diingatkan tentang hidup yang sehat, lalu pengendalian diri dan akhirnya terakhir yang bikin saya DONG  karena kalimat yang diucapkan Ahok waktu wawancara TV One dengannya. saya bukan hidup untuk diri saya sendiri lagi. karena itu saya harus bertanggung jawab menjaga kesehatan saya. :D

nah, akhirnya saya pun mulai berjuang mulai dari hal-hal kecil:
memperhatikan menu makanan saya, memperbanyak buah dan sayur, mengurangi cemilan yang tidak sehat, minuman yang terlalu banyak mengandung gula, memperbanyak minum air putih, tidur lebih awal, bangun lebih pagi, dan yang pasti olahraga dan ada dalam persekutuan dlm Tuhan melalui doa dan Firman Tuhan. yang paling terasa bedanya ketika saya mulai menerapkan buah Roh : Pengendalian Diri.  karena semua yang saya sebutkan di atas sangat memerlukan yang namanya Pengendalian Diri. lebih jelasnya, akan saya coba bagikan lagi di catatan-catatan selanjutnya. :D

akhir kata, saya bagikan sedikit link yang bisa membantu kita semua kalau lagi sibuk dan ingin melakukan gerakan olahraga, nah semoga ini berguna ya.

http://www.wrp-diet.com/be-active-at-the-office/#more-4391

dan ini sedikit foto yang sedikit memotivasi saya di waktu yang lalu untuk hidup sehat. mana tahan liat mereka di bawah ini. :D mereka adalah FTISLAND. akan saya ceritakan lagi nanti. haha. really thank God for them.
alright then, sekian catatan hari ini. God bless you ^^

:: FT Island  ::



Tidak ada komentar:

Posting Komentar