Laman

Selasa, 12 Mei 2009

Kritik dan Pandangan Iman Kristiani: Fenomena Penggunaan Aspek Seksualitas dalam Periklanan Bab 3

BAB III KESIMPULAN

Dalam mengkritik fenomena ini, penulis lebih banyak menekan dari sisi kewanitaan karena penulis sendiri melihat wanita terlibat dalam pembuatan iklan tersebut. berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya, dapat dilihat bahwa para motivasi perempuan berkaitan dengan kebudayaan yang membentuk identitasnya Entah partiarkat maupun feminisme. Kedua pandangan ini sama-sama memaparkan identitas perempuan yang baik menurutnya. Iman Kristen memberikan pandangannya bahwa perempuan diciptakan segambar dengan rupa Allah, bahwa Allah memandangnya sebagai ciptaanNya yang berharga, dan layak ditebus oleh darah Anak Domba Allah yang kudus. Itulah identitas perempuan yang sesungguhnya.

Banyak pandangan yang mengatakan bahwa seks bersifat menjual dalam iklan, dan hal ini merupakan bentuk penyimpangan terhadap seks sebagai pemberian Tuhan untuk dihargai dan dihormati dalam pernikahan yang kudus.

Media seperti iklan yang menampilkan banyak gambar maupun adegan yang penuh hawa nafsu dapat membawa pria maupun wanita jatuh dalam dosa percabulan. Sehingga akan lebih baik bila iklan tersebut tidak ada. Awalnya alasan pemakaian aspek seksualitas dalam iklan berupa kreativitas adalah untuk mencapai stopping power. Namun penulis memberi saran bahwa banyak ide dan kreativitas yang dapat dipakai untuk membuat iklan yang jauh lebih baik dan tidak berisiko membawa laki-laki dan perempuan jatuh dalam dosa percabulan yang tentu saja tidak berkenan dimata Allah.



DAFTAR PUSTAKA

DeMoss, Nancy Leigh. 2003. Lies Women Believe. Batam: Gospel Press
Harris, Joshua. 2006. Sex Is Not the Problem (lust is). Bandung: Pionir Jaya
Jackie Kendall dan Debbie Jones. 2007. Lady in Waiting. Bandung: Pionir Jaya
Karssen, Gien. 1980. Ia Dinamai Perempuan.Bandung: Kalam Hidup
Lie, Shirley. 2005. Pembebasan Tubuh Perempuan. Jakarta: Grasindo
Verkuyl, Dr.J. 1989. Etika Kristen Seksuil. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Wijaya, Andik. 2007. Transformasi Perilaku Seksual. Jakarta: Konseling LK3
Wilkinson, Dr. Bruce H. Personal Holiness in Times of Temptation. The Biblical Manhood Series
Feminisme:Suara Hati
http://manik.web.id/2007/11/20/cinderella-dan-alkitab.html
http://www.sabda.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar